BERLIAN INVESTASI CANTIK

Published on kompasiana.com/modenesia/berlian-investasi-cantik_595f32fc9f91ce0a3106dc73

Photo: Pexels.com

Diamonds are a girl’s bestfriend, dendang mendiang Marilyn Monroe. Bila menyangkut perhiasan, selalu pilih perhiasan permata yang dapat dijadikan investasi, yaitu berlian. Tak saja menunjang penampilan yang mewah dan berkelas, namun juga melindungi uang Anda dari risiko inflasi yang akan selalu terjadi.  

 

Sebagai pelengkap gaya busana, perhiasan acap kali jadi pilihan. Namun, saat kondisi ekonomi tanah air semakin memprihatinkan (baik karena inflasi terus menerus hingga berbagai kenaikan biaya hidup seperti pencabutan subsidi tarif listrik), cerdaslah dalam membeli aksesori tersebut. Meskipun permata imitasi yang murah berkilau cemerlang menyerupai yang asli, sadarilah bahwa kepalsuan tersebut tak bernilai dan hanya menjadi pemborosan. Oleh karena itu, bila menyangkut perhiasan, selalu pilih perhiasan permata yang dapat dijadikan investasi, yaitu berlian.

 

Berencana membeli perhiasan berlian? Ketahui dulu lima faktor penentu kualitas dan nilai investasinya di masa depan. Ini supaya uang yang dikeluarkan sepadan dengan hasilnya. Lima hal yang mempengaruhi nilai perhiasan berlian antara lain; karat, kejernihan, warna, potongan, dan sertifikat.

 

KARAT

Karat merupakan ukuran berat yang dipakai untuk berlian. Dibandingkan dengan satuan gram, satu karat setara dengan 0,2 gram. Satu karat ini pun masih dipecah menjadi seratus satuan supaya identifikasi lebih akurat. 

Photo: Pixabay.com

 

Menaksir harga berlian berdasar karat itu tidak seperti menaksir harga emas yang relatif sama berdasar beratnya. Harga sebuah berlian empat karat tidak sama dengan harga empat berlian satu karat. Ini disebabkan kelangkaan berlian berkarat besar. Tidak itu saja, selisih karat sedikit saja bisa menyebabkan perbedaan harga yang besar. Harga berlian dua karat bisa saja dua kali lipat lebih mahal dibanding berlian 1,98 karat.

 

Pertimbangkan ukuran karat dalam membeli berlian. Selisih seperti yang disebutkan sebelumnya bisa menghemat uang Anda presisi karat tak menjadi masalah, apalagi bila pembeliannya memang untuk menunjang penampilan. Namun untuk tujuan investasi, presisi membuat nilai berlian lebih menguntungkan di masa depan.

 

KEJERNIHAN

Kejernihan berlian membuatnya mampu memantulkan cahaya sekecil apapun. Menurut wikipedia, ‘kotoran’ berupa mineral lain dan keretakan di permukaan atau dalam berlian akan mengurangi kemampuan tersebut. Inilah yang menyebabkan berlian terlihat kurang berkilau atau ‘butek’. Acuan standarisasi kejernihan berlian yang diakui secara internasional adalah sertifikasi Gemological Institute of America (GIA). Kejernihan tertinggi diberi label dari yang terbaik berupa ‘flawless category (FL)’ , diikuti ‘very very slightly included (VVS)’ hingga ‘included category (I)’ sebagai kategori terendah.

 Photo: Pixabay.com

WARNA

Perhiasan pada umumnya menggunakan berlian putih sebagai centerpiece. Semakin putih, semakin mahal pula harganya. Namun, secara kasat mata, berlian yang benar-benar putih sangat sulit didapat. Satu-satunya cara mengetahui warna berlian tersebut adalah melalui pemeriksaan laboratorium yang bisa dilakukan di toko perhiasan tertentu.

Photo: Pixabay.com

 

Meskipun berlian putih banyak diminati, bukan berarti harganya menjadi yang termahal. Hal itu ditunjukkan melalui lelang Sotheby’s di New York pada tahun 1987. Sebuah berlian berwarna merah keunguan terjual dengan harga lebih dari sembilan ratus ribu dolar amerika serikat. Silakan kalkulasikan nilainya dengan kurs saat ini, lalu kalikan lagi dengan persentase inflasi sejak tahun tersebut.

 

POTONGAN

Photo: Pixabay.com

Ada enam jenis potongan berlian yang umum, yakni oval, marquis, pear, hati, emerald dan baguette. Harga berlian tidak ditentukan jenis potongan, namun oleh keakuratan dan kerapiannya.

 

SERTIFIKAT

Tak semua toko perhiasan yang menjual berlian menyertakan sertifikat berkelas internasional seperti yang berasal dari Gemological Institute of America (GIA). Padahal, Anda memerlukan sertifikat ini tak saja sebagai kepastian kondisi berlian yang dimiliki, namun juga sebagai kekuatan hukum saat ingin menjualnya atau menuntut toko perhiasan terkait apabila ternyata kualitas berlian yang dibeli tidak seperti yang ditawarkan. Supaya tidak menyesal di kemudian hari, belilah perhiasan berlian hanya di toko perhiasan yang menyertakan sertifikat dari Gemological Institute of America (GIA), American Gemological Laboratories (AGL), International Gemological Institute (IGI), HRD/Antwerp Diamond High Council, atau  Schweizerische Stiftung fur Edelstein-Forschung (SSEF).

Photo: Ebay.com

 

Investasi merupakan bagian gaya hidup masyarakat urban yang cerdas mengelola dan merencanakan kesejahteraannya. Diversifikasi adalah salah satu kunci suksesnya. Selain properti, saham, reksadana dan emas, instrumen pengembangan kekayaan lainnya adalah berlian. Nah, setelah mengenali kelima faktor penentu nilai berlian, Anda pun bisa berinvestasi batu mulia ini. Tak saja menunjang penampilan yang mewah dan berkelas, namun juga melindungi uang Anda dari risiko inflasi yang akan selalu terjadi.  

 

Untuk info dan pertanyaan, silakan email muhammadreza_ss@yahoo.com atau whatsapp 087877177869

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s