WAKAF DAN DAKWAH JULIA PEREZ

white rose pexels-com
Image Source: Pexels.com

Tak kenal maka tak sayang. Bila kenal Jupe, tentulah kita sayang padanya. Dimuat di http://v20106.kompasiana.com/modenesia/wakaf-dan-dakwah-julia-perez_593d07159c7c034ae862ce82

Berpulangnya Julia Perez atau Jupe pada 10 Juni 2017 meninggalkan kesedihan mendalam bagi semua yang menyayanginya. Perjuangan pemilik nama asli Yuli Rahmawati melawan kanker mulut rahim sejak 2014 telah menunjukkan contoh perilaku penuh ikhtiar, semangat dan keyakinan akan rahmat Allah SWT.  Beberapa kesalahan mungkin telah dilakukan Jupe dalam persinggahannya di dunia, namun hanya Allah SWT yang menentukan akhir perjalanan beliau; baik atau buruk. Saya mendoakan Jupe husnul khotimah. Semoga Allah SWT mengampuni semua dosanya, dan menerima segala amal ibadahnya.

Sebagai masyarakat awam yang hanya bisa menyaksikan kisah hidup pekerja seni berusia 36 tahun ini melalui berbagai media, saya melihat perubahan positif pada Jupe semenjak ia diberi berbagai cobaan, termasuk penyakit kritis ini. Dan apabila derita tersebut pada akhirnya menutup perjalanan Jupe di dunia, semoga derita itu telah membuka pintu yang sarat bekal terbaik untuk menemui Sang Khalik.

Jupe yang saya kenal melalui media merupakan artis seksi yang suka bercanda dan sering beramal membantu sesama. Ia diketahui telah menjual mobilnya untuk memenuhi permintaan warga Papua membangun masjid saat berkunjung kesana. Artis kelahiran 15 Juli 1980 ini juga diberitakan menjual perhiasan berlian untuk merampungkan pembangunan terbengkalai atap suatu musholla di Serang, Jawa Barat. Ia juga telah menolong memulangkan atlit sepakbola asal Rusia yang tiga bulan gajinya belum dibayar oleh PSLS Lhoksumawe. Di awal karirnya pun acapkali saya melihat beritanya melakukan kegiatan sosial seperti menyumbang warga yang tidak mampu. Bagi saya, Jupe itu orang baik.

Apabila kebaikan-kebaikan Jupe bisa dianggap wakaf atau dakwah, ada tiga perbuatan kecilnya  yang terlihat sepele namun berdampak teramat besar yang telah dilakukan Jupe bagi kemanusiaan. Berikut ini kebaikan tersebut.

Melindungi Para Istri dari Penyakit Menular Seksual

Jupe secara tidak langsung melindungi jutaan perempuan dan ibu rumah tangga di Indonesia. Kampanye kondom melalui kemasan album perdana Kamasutra menuai hu okjatan karena berkesan mengajak perilaku seks bebas. Namun bila kita renungkan dan lihat dari sisi positif, perbuatan ini justru memiliki pesan kemanusiaan yang sangat besar. Setiap wanita tidak bisa memastikan kesetiaan atau kegiatan seksual suaminya di luar rumah. Yang dihasilkan kampanye kondom Jupe memang terkesan preventif belaka. Namun ini sangat efektif karena memperkecil kemungkinan para istri menderita penyakit menular seksual yang didapatkan dari suami yang lalai di luar rumah. Kampanye ini melindungi perempuan.

helping hand
Image Source: Pexels.com

Mengajak Masyarakat untuk Menolong Tanpa Pamrih, Tanpa Pandang Bulu

Dengan cara sederhana, Jupe memberi contoh untuk berbuat baik kepada siapa saja meski tak mengenalnya. Pada kuartal akhir 2016, dunia sosmed tanah air dihebohkan dengan postingan pelantun Belah Duren ini di instagram mengenai kondisi memprihatinkan kakek-kakek pedagang nasi uduk. Jupe mengajak masyarakat membantu beliau dengan membeli makanannya. Kekuatan popularitasnya dimanfaatkan secara positif untuk menolong. Mungkin sangat gampang bagi Julia Perez untuk mem-posting di akun @juliaperrezz. Namun kepedulian wanita yang sempat ditawari menjadi calon bupati Pacitan ini telah membuat dagangan si kakek menjadi lebih laku. Tindakan Jupe menginspirasi masyarakat agar peduli dan menolong sesama dengan cara sekecil apapun.

holding flowers
Image Source: Pexels.com

Mencontohkan Berperilaku Baik kepada Siapa Saja.

Jupe dikenal sangat ramah kepada siapapun. Penyanyi dangdut sekaligus aktris beberapa film horor ini mudah didekati penggemar dan wartawan. Hubungannya dengan sesama artis juga tulus dan ia dikenal sangat suka menolong. Sehingga tak mengherankan, begitu banyak orang yang menjenguknya di rumah sakit, banyak yang membantu kesusahannya, dan banyak yang mengantarkan serta mendoakannya ke pemakaman.

Melalui Julia Perez, saya diingatkan untuk mempertanyakan keimanan pribadi. Ketakwaan kepada Allah SWT tak cukup melalui amal vertikal seperti shalat dan puasa. Ketaatan  kepada Sang Khalik juga dilakukan dengan mencintai dan peduli kepada makhluk-makhluk ciptaan-Nya.

Saya yakin Julia Perez orang baik. Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosanya di masa lalu dan menerima taubat dan segala amal ibadah serta kebaikan-kebaikan yang telah dilakukannya. Amin Ya Rabbal Alamin. Mari kita kirimkan Al Fatihah untuk Almarhumah Julia Perez.

heaven
Image Source: Pexels.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s