TUNIK GLAMOR, KASUAL, DAN RESORT

 BERBAGAI GAYA TUNIK

Dengan variasi model dan styling , tunik bisa tampil dalam gaya glamor, kasual, dan resort. Teruslah mengenakannya, tak hanya di momen lebaran.

Teks: Muhammad Reza

tunik long chanel
Chanel Cruise 2015 Dubai, source: sparklestyle.co.uk

Sekilas Tren Mode Tunik

Menjelang hari raya lebaran, beberapa jenis pakaian naik daun. Tunik salah satunya. Sebagaimana tren mode yang selalu berputar, ia kembali menjadi pilihan untuk membalut tubuh pria dan wanita di acara perayaan. Berbagai majalah dan katalog mode beramai-ramai menyajikan tips padu-padan busana muslim yang diperankan atasan ini .

Bila berbicara tentang tunik, nuansa etnik timur tengah mungkin muncul di benak kita. Namun, tunik bukan berasal dari jazirah arab. Tunik ini pertama kali diperkenalkan bangsa romawi sebagai pakaian sehari-hari. Tunik berasal dari bahasa latin, yakni tunica. Ia berupa pakaian berlengan atau tanpa lengan dengan kerah bervariasi dari leher berbentuk V, bundar hingga persegi yang umumnya diberi ornamen bordir atau hiasan di garis leher. Panjangnya sendiri bervariasi dari sebatas pinggang hingga batas mata kaki. Mengikuti perkembangan zaman, tunik mengalami modifikasi. Di abad pertengahan, tunik dengan hiasan bordir menjadi favorit sekaligus mewakili status sosial. Pada pertengahan abad 21, tunik sudah mengalami ragam pilihan model, corak dan bahan. Selanjutnya tunik mengalami siklus tren sesuai permintaan pasar.

Kesan yang umum ditampilkan tunik adalah kesederhanaan, terkadang religius. Namun, tunik pun bisa tampil glamor, kasual hingga bohemian. Coba bayangkan tunik bernuansa islami yang pernah berkali-kali dikenakan Siti Nurhaliza dengan yang bergaya bohemian seperti rancangan Kate Moss untuk Topshop.  Masih ingat jugakah dengan tunik glamor penuh kilau ornamen yang tertangkap kamera paparazi di tubuh Kendal Jenner? Anda mungkin mengira ketiga busana itu berbeda, namun sesungguhnya mereka termasuk tunik. Hanya saja, bahan, model, aplikasi dan penataan gaya tunik-tunik ini berbeda. Itulah yang akan kita bahas dalam lembar mode kali ini, bagaimana memilah tunik untuk  kebutuhan tampil glamor, santai,  dan resort.

 

Tunik  Itu Mudah Dipadu-padan, Nyaman dan Terlihat Feminin  Saat Dipakai

Mengapa? Rahasianya ada di model yang bersahaja. Dengan banyaknya pilihan warna dan ornamen serta panjang lengan dan hem line, tak sulit menyandingkannya dengan variasi bawahan. Kenakanlah tunik bermodel sederhana namun kuat dalam warna seperti biru tua, merah darah, ungu atau warna netral seperti hitam dan putih. Hindari ornamen seperti bordir atau payet yang menyolok. Coba pilih tunik klasik, berlengan panjang dengan hem sebetis atau mata kaki. Bila ingin tampil feminin atau girly tanpa memakai dress atau rok, tunik yang panjang ini bisa jadi alternatif. Untuk kegiatan sehari-hari yang membutuhkan kemudahan bergerak, Anda bisa tetap bergaya dengan memadankan tunik sejenis dengan celana panjang berbentuk pipa dan sepatu stiletto atau sepatu flat.

tunik basic emilio-pucci-whiteblue-embroidered-voile-tunic-product-3-7980916-722337148
Emilio Pucci, source : lystit.com

 

Tunik Glamor

Mari mulai menyesuaikan tunik dengan gaya dan tujuan pemakaiannya. Untuk kesan glamor yang sesuai dengan dresscode acara pesta, Anda bisa mengenakan tunik berbahan satin, sutra atau lame baik dengan ornamen bordir benang emas atau payet kristal maupun tanpa ornamen. Sesuaikan panjang lengan dan hem line tunik anda dengan acara. Bila ingin mengenakan tunik ini ke pesta atau acara keluarga, tunik selutut dengan bawahan celana pipa tentu berterima. Sementara untuk acara yang kurang formal dengan teman-teman, tunik pendek dengan legging (atau tanpa legging) jadi opsi yang gaya sekaligus aman . Tunik glamour ini bisa dipadankan dengan stiletto atau boots.

tunik glamor chanel
Chanel Cruise 2015 Dubai, source : sparklestyle.com

 

Tunik Kasual

Untuk dikenakan saat beraktivitas sehari-hari seperti bekerja atau bepergian, tunik kasual cocok karena praktis. Tunik berbahan katun atau berlengan pendek  akan terasa dan terlihat santai dengan jeggings atau leggings bermotif atau tekstur unik. Agar memudahkan saat bergerak, pilih tunik dengan hemline yang jatuh di pinggang (atau sepaha bila tunik yang anda pilih sedikit longgar). Anda bisa memilih tunik kasual bergaya hippie atau bohemian yang longgar saat beraktivitas di siang hari, atau tunik berbahan rajut yang terlihat rapi dan cocok untuk dipakai di malam hari. Sebagai aksen penampilan kasual ini, lilitkan ikat pinggang besar atau obi.

tunik Rihanna-Dines-At-Nobu-In-NYC-2
Rihanna in Celine’s long tunic, source : fashionbombdaily.com
Balmain for H&M
Balmain for H&M

 

Tunik Resort

Inti gaya resort adalah relaksasi, yang bisa ditunjukkan melalui tunik longgar dengan warna dan motif cetak yang meriah. Saat berlibur, anda membutuhkan tunik longgar yang membuat kulit anda bernafas lega di bawah sinar mentari. Pilih bahan yang ‘mendinginkan’ seperti linen dan katun. Nikmati warna-warna penuh keceriaan seperti kuning, merah jambu menyala, turqoise atau hijau limau dengan atau tanpa motif cetak floral dan geometris yang identik dengan musim panas. Untuk bawahan, pilih celana panjang atau celana capri berwarna terang dengan sandal gladiator atau wedges.

 

tunic resort pucci-turban-retro-style
source : theglampad.com

Nah, bagaimana? Tunik tak hanya pantas dikenakan di saat lebaran. Pilihan dan padu padan tunik yang berbeda bisa memberi variasi dalam kegiatan berbusana sehari-hari. Selain praktis, nyaman, dan sangat  berterima untuk dikenakan di berbagai aktivitas, tunik menjadi pilihan  untuk penampilan yang feminin, santun dan elegan.

 

Untuk saran dan pertanyaan, silakan email : muhammadreza_ss@yahoo.com atau whatsapp +6287877177869

Advertisements