TEN JARGONS IN MODELING (2011)

Backstage

Bingung dengan jargon dunia modeling di majalah atau kanal khusus mode? Ketahui sepuluh istilah yang sering digunakan dalam bisnis modeling berikut ini.
Teks & Foto: Muhammad Reza

1. Talent Scout
Talent Scout
adalah seseorang yang mampu menemukan potensi pria dan wanita yang dilihatnya (dengan sengaja atau  tak sengaja) untuk menjadi model terkenal. Sarah Doukas adalah salah satu talent scout terkenal karena berhasil ‘menemukan’ Kate Moss.

2. Composite Card dan Portfolio
Setelah bergabung di suatu manajemen/agensi model, seorang model akan memperoleh composite card yang berisi beberapa foto (close up, seluruh badan, tampak samping) berikut data standar tubuhnya meliputi tinggi badan, berat, ukuran baju dan celana, dada, pinggang dan pinggul. Composite card ini adalah versi mini dari portfolio yang memuat kumpulan foto-foto sang model baik yang pernah dimuat di media maupun yang tidak.

3. Booker
Booke
r merupakan profesi di manajemen model yang mencarikan model peluang kerja. Ia akan mengirimkan composite card sang model ke seluruh calon klien (seperti brand, media, atau disainer) dan mencari informasi seputar casting yang akan diadakan. Komunikasi antara model dan booker sangat penting, karena kesalahan jadwal atau keterlambatan adalah kesalahan fatal yang akan membuat sang model menjadi kurang disukai klien.

4. Go See
Go see
merupakan pertemuan ekslusif yang diatur oleh sang booker untuk seorang model dengan klien. Dengan go see, seorang model tak perlu mengantri atau menunggu untuk melamar suatu pekerjaan pada klien. Namun, pertemuan ini tak menjamin sang klien menggunakan jasa model tersebut. Pertemuan ini biasanya digunakan untuk memilih model yang sesuai dengan jiwa atau pencitraan iklan yang diinginkan klien.

5. Casting
Casting umumnya dilakukan pihak rumah mode yang akan melakukan sebuah peragaan busana. Model terkenal biasanya tak perlu mengantri seperti model-model junior yang harus membawa portfolio dan memperagakan cara berjalan. Keputusan sukses tidaknya seorang model mendapat pekerjaan di peragaan ini bergantung pada pertimbangan para casting director.

natali backstage

6. Fitting
Setelah mendapat pekerjaan melalui casting, seorang model akan melakukan fitting(pada hari yang sama atau tidak), yakni pengepasan baju dan percobaan tata rambut dan rias wajah. Bila anda pikir semua baju selalu sesuai dengan tubuh seorang model, anda keliru. Penyesuaian terkadang dilakukan agar pakaian tersebut membalut tubuh model dengan sempurna.

7. Dresser
Dalam peragaan busana, setiap model dibantu oleh seorang dresser, yakni staf yang bertugas membantu model berganti baju atau memasangkan sepatu dan aksesoris lainnya. Kehadiran dresser sangat penting karena proses ganti baju dalam peragaan busana harus dilakukan dengan cepat agar tidak terlambat sesuai urutan ‘jalan’ sang model. Kehadiran dresser ini pun untuk menghindari model salah memakai atau keliru memadankan baju.

8. First Face
First face
adalah model pilihan sang disainer yang dianggap mewakili selera dan pencitraan koleksi sang disainer baik dari penampilan wajah dan tubuh serta cara berjalan. Bagi model baru/junior, menjadi first face tentunya membuat namanya terangkat.

9. Finale
Ini adalah akhir peragaan busana dimana seluruh model berjalan satu persatu untuk menutup peragaan busana.

regina backstage

10. Editorial dan Commercial
Ini adalah dua jenis model dan pemotretan yang berbeda dan tak semua model memiliki kapasitas pada keduanya. Editorial adalah suatu halaman mode yang selalu berusaha menciptakan efek high fashion melalui pemilihan model bertubuh tinggi, kurus dan difoto dengan hasil yang dramatis. Editorial biasanya mengutamakan unsur seni fotografi. Sementara itu, commercial merupakan jenis model dan pemotretan yang ditujukan untuk kepentingan penjualan melalui pencitraan yang gembira dan persuasif. Misalnya foto-foto komersial pasta gigi, produk remaja dan kebutuhan keluarga. Model untuk kategori komersial juga lazim disebut dengan model bertipe “sweet face”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s