SATU SERAGAM BERMACAM GAYA (BERKAT AKSESORI) – 2008

Memilih aksesori yang sesuai saat mengenakan seragam itu ibarat membubuhkan bumbu dalam masakan. Bila pilihan dan takarannya tepat, ia akan memperindah penampilan anda.

Teks: Muhammad Reza (Published in Bandung Advertiser 11-25 August 2008)

Ingatkah hari pertama melangkahkan sepatu stiletto anda melalui pintu kantor perusahaan idaman? Ketentuan berseragam kerja mungkin tak menjadi masalah bagi anda. Namun setelah menyaksikan evolusi mode melalui majalah atau Fashion TV, memandang seragam yang sama untuk dikenakan bekerja lagi mungkin membuat hidup anda terasa membosankan. Jangan khawatir, Bandung Advertiser akan ‘mempermak’ penampilan berseragam anda menjadi lebih menyenangkan. Triknya ada pada aksesori. Umumnya masyarakat mendefinisikan aksesori sebagai kalung atau gelang. Padahal, sebagai istilah mode, aksesori meliputi banyak hal termasuk sepatu, tas, topi, kacamata, ikat pinggang dan perhiasan.

Sebelum menyentuh aksesori anda, silakan amati seragam anda terlebih dahulu.

Apa warna seragam anda?

Seragam kerja wanita biasanya terdiri dari satu stel kemeja dan rok atau celana. Apabila seragam anda berwarna netral seperti hitam, putih, abu-abu atau khaki, selamat! Anda bisa mengibaratkan seragam ini kanvas yang dapat diciprati aneka warna melalui aksesori. Bila lingkungan kerja anda santai, anda bisa mengenakan sepatu atau tas dengan warna apa saja sesuai tren terbaru baik bermotif maupun tidak. Bila suasana kantor anda cukup konservatif, jangan menjadi seekor merak sendirian. Harmonikan warna aksesori dengan santun. Satu warna primer yang solid seperti merah, biru atau hijau sudah cukup membuat anda menjadi pusat perhatian.

Bila seragam anda berwarna primer, kenakan aksesori berwarna netral. Jika anda ingin mengenakan sepatu atau tas berwarna, ambillah yang berwarna senada atau masih satu ‘keluarga’ dengan warna seragam. Contohnya, seragam berwarna merah akan tampil serasi dengan tas berwarna merah jambu, oranye atau ungu. Permainan warna tabrak lari ala Carrie Bradshaw memang menyenangkan, tapi tak semua orang dapat menanggapinya secara positif terutama dalam aktivitas bisnis.
LV RED

Apakah seragam anda bermotif?

Selain polos, seragam biasanya bermotif. Apakah motifnya batik atau garis-garis, perhatikan kadar ‘keramaian’ dan warna motif. Seragam bermotif ramai akan terlihat seimbang dengan aksesori polos (tanpa motif atau detil yang ramai) dalam warna netral atau warna senada seragam. Jangan membuat klien atau kolega anda pusing dengan ramainya motif di seragam dan aksesori.

Apa padanan kemeja seragam anda?

Bila padanan kemeja seragam anda adalah rok, tak bisa tidak, secara otomatis perhatian akan jatuh pada bagian selatan tubuh anda. Karena itu perhatikan sepatu! Kalau anda merasa percaya diri dengan betis dan kaki anda, kenakanlah sepatu yang ditujukan untuk menarik perhatian seperti stiletto bertali atau ankle boots dalam warna netral atau yang serasi dengan seragam anda. Bila anda kesulitan memadukan warna seragam dengan sepatu atau rona kulit, kenakan tights atau stoking berwarna hitam yang akan menyeimbangkan warna apa saja. Penggunaan sepatu flat/ballerina shoes memang tidak salah, namun ada kesan santai atau kasual disana yang sepertinya bukan kesan yang diinginkan kolega atau klien anda dalam berbagi tanggung jawab proyek kerja yang serius.

Bila padanan kemeja seragam anda merupakan celana panjang, perhatian akan tertujukan pada bagian atas tubuh anda. Silakan bersenang-senang dengan tas sandang kesayangan anda, kalung atau bros yang sedang tren, atau scarf. Semuanya dalam  ukuran yang wajar, ya.

Vogue duo

Aksesori apa (selain tas dan sepatu) yang cocok untuk anda?

Memilih aksesori yang sesuai saat mengenakan seragam itu ibarat membubuhkan bumbu dalam masakan. Bila pilihan dan takarannya tepat, ia akan mendongkrak penampilan anda. Saran saya, kenakan satu saja di antara lima pilihan berikut ini.

1. Syal. Ini adalah aksesori yang paling ampuh untuk menciptakan kesan anggun dan ‘bergaya’. Pilihlah syal berbahan sutra yang lembut dalam warna yang memancarkan rona kulit wajah anda.
2. Kalung. Lilitan sebaris kalung mutiara atau logam mulia yang bermodel sederhana memberi kesan modern. Jangan kenakan kalung ‘lucu-lucuan’ yang berjuntai-juntai atau penuh detail yang ‘mengganggu’ kerapian penampilan. Kalung ini akan membuat anda terlihat kurang sistematis.
3. Bros. Inilah aksesori klise yang aman dan serasi dikenakan apabila seragam anda polos tanpa motif.
4. Ikat pinggang. Mau bergaya dengan buckle atau mengenakan ikat pinggang rantai emas, ingatlah bahwa ikat pinggang membagi dua proporsi tubuh anda. Alternatifnya, pilih warna ikat pinggang yang senada dengan seragam untuk terlihat lebih langsing.
5. Kacamata hitam dengan frame yang gaya dan trendy. Inilah aksesori praktis yang mampu menyenangkan anda saat sebelum memasuki kantor di pagi hari atau setelah keluar dari pintu gedung perusahaan. Ingat, jangan kenakan dalam ruangan kecuali Anda Anna Wintour.

Dengan variasi penggunaan aksesori yang sesuai dengan seragam, anda boleh mengingat satu kata kunci untuk berdandan; harmoni. Sebagaimana pernah diucapkan disainer Ghea Panggabean, “Bukankah dalam kehidupan pun kita memerlukan harmoni?”

By Muhammad Reza (087877177869, muhammadreza_ss@yahoo.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s